Xiaomi Perkenalkan Fitur Pemantau Gempa di MIUI 11, Manfaatkan Sensor dan AI

News

Infotekno.net – Xiaomi baru saja mengembangkan sistem peringatan gempa yang dapat memberi informasi kepada pengguna akan adanya potensi gempa yang akan datang.

Perusahaan raksasa teknologi China, Xiaomi baru saja mengumumkan bahwa fitur ini sekarang sudah tersedia di 25 provinsi di seluruh China. Xiaomi mengatakan bahwa sejak peluncuran fitur peringatan dini gempa ini, telah berhasil memperingatkan lebih dari 35 gempa bumi berkekuatan 4,0 SR atau lebih tinggi kepada pengguna smatphone mereka.

Xiaomi mengklaim bahwa ponsel Xiaomi tidak hanya dapat menerima informasi peringatan gempa tetapi juga dapat memantau gempa. Fitur ini menggunakan sensor daya rendah yang terpasang di ponsel untuk merasakan gelombang seismik, setelah itu, algoritma AI akan secara efektif menghitung informasi seismik. Kemudian pengguna akan mendapatkan peringatan pertama jika ada potensi datang gempa.

Xiaomi mengatakan bahwa teknologi ini tidak hanya menghemat biaya pemantauan akan terjadinya gempa tetapi juga sangat meningkatkan jumlah pemantauan. Xiaomi percaya bahwa fitur ini membuat pemantauan gempa nasional dan jaringan peringatan dini lebih lengkap.

Pengguna sistem MIUI dapat membuka pengelola ponsel dan mengklik fungsi peringatan gempa untuk bergabung dengan pemantauan gempa dan menjadi sukarelawan.

Fitur pemantauan gempa ini, menurut Xiaomi, dikembangkan bersama dengan Institut Penelitian Mitigasi Bencana Teknologi Tinggi Chengdu. Saat ini, beberapa ponsel Xiaomi atau Redmi dan sistem MIUI mendukung fitur ini. Selanjutnya fitur Ini akan diluncurkan secara bertahap ke lebih banyak perangkat di masa mendatang.