Ponsel 5G Termurah di Indonesia, Realme 8 5G

Gadget

Infotekno.net – Setelah Realme 8 dan 8 Pro yang diluncurkan April lalu, Realme kembali memboyong senjata terbaru yaitu Realme 8 Series ke Indonesia. Realme 8 5G hadir secara resmi di Tanah Air. Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia, mengatakan bahwa Realme 8 5G lahir untuk menjawab para penggemar Realme yang membutuhkan smartphone 5G yang terjangkau. “Dari segi harga, penggemar Realme menginginkan smartphone 5G kecang yang terjangkau di kisaran harga Rp 2-4 jutaan,” kata Palson di acara peluncuran secara daring Realme 8 5G, Rabu 16 Juni 2021 lalu. Walaupun membawa nama yang hampir sama, Realme 8 5G berbeda dengan dua saudaranya, Realme 8 dan Realme 8 Pro, serta dibekali dengan sejumlah peningkatan. Dari sis tenaga, misalnya, ponsel 5G itu tanamkan chipset Mediatek Dimensity 700 5G yang dirancang dengan fabrikasi 7nm, bersanding dengan memory RAM 8 GB dan memori internal 128 GB serta bisa di expand dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Dengan chipset tersebut, Realme mengklaim smartphone terbarunya itu bisa menghasilkan kecepatan internet hingga 2,77 Gbps. Realme 8 5G mengusung layar IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 90 Hz, dan tingkat kecerahan hingga 600 nits. Di bagian atasnya, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 16 MP (f/2.1). Disisi belakang, terdapat tiga buah kamera yang disusun dalam sebuah modul persegi. Ketiga kamera ini masing-masing beresolusi 48 MP (f/1.8), 2 MP (f/2.4, macro), dan lensa kamera B/W untuk memberikan efek bokeh. Dari sisi baterai, Realme 8 5G ditopang dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W, lebih rendah dari Realme 8 dengan 30W atau Realme 8 Pro dengan 50W.

Untuk menunjang dayanya lebih lanjut, ponsel ini turut dibekali dengan fitur Smart 5G Power Saving yang diklaim bisa digunakan untuk menghemat daya ponsel ketika jaringan 5G tidak tersedia. “Jika perangkat ini berada di luar jangkauan 5G, maka ponsel secara otomatis akan mengubah (preferensi) ke jaringan 4G, sehingga baterai lebih hemat 30 persen,” tutur Vasco Rambot, Product Manager Realme Indonesia dalam acara yang sama. Fitur pendukung lainnya mencakup ada modul pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di bingkai perangkat, NFC, serta teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE) yang bisa “memperluas” kapasitas RAM menjadi 11 GB apabila dibutuhkan. Mekanisme kerja DRE sendiri serupa dengan teknologi Extended RAM yang sempat diperkenalkan di Vivo X60 Series dan RAM Expansion di Oppo A74, di mana ponsel bakal “meminjam” ruang penyimpanan 3 GB dari memori internal.

Realme 8 5G memiliki ketebalan 8,5 mm dan bobot 185 gram ini menjalankan sistem operasi Android 11 dengan tampilan antarmuka khas Realme, Realme UI 2.0. Urusan warna, Realme 8 5G tersedia dalam varian warna Supersonic Blue dan Supersonic Black. Harga resmi Realme 8 5G di Indonesia dibandrol Rp 3,2 juta, namun di gelaran Flash Sale pada pukul 19.00 WIB hari ini, perangkat tersebut bisa dibeli dengan harga Rp 3 juta.