Penyebab Kuota Internet Kamu Boros

Android

Penyebab Kuota Internet Kamu Boros

Infotekno.net – Siapa sih yang saat ini tidak membutuhkan internet? gak ada keknya ya..
Sebagian besar manusia jaman sekarang ini pasti memerlukan koneksi internet, kebutuhan paling dasar saat akan menjelajah internet memakai smartphone yang dimilikinya untuk mencari informasi dengan mudah. Ketika menjelajah di internet kita memerlukan askes internet dari berbagai macam provider.

Nah, mau tidak mau kita harus menggunakan WiFi atau kalau perlu menghemat kuota internet. Tapi tenang, ada kok cara menghemat kuota data internet.

Tetapi sebelum kamu baca cara-cara menghemat kuota internet, sebaiknya kamu tau nih penyebab lainnya yang membuat kuota internet cepat habis, berikut ini:

1. Mengaktifkan Fitur Auto Update Aplikasi

Penyebab yang pertama adalah, kamu mengaktifkan fitur update otomatis pada aplikasi. Walaupun update ini penting, namun tetap saja ketika update akan menyedot banyak kuota. Lebih baik kamu atur lagi deh dengan minta persetujuan kamu terlebih dahulu. Jadi nggak ada tuh update aplikasi yang tiba-tiba.

Jadi, kamu perlu melakukan pengecekan rutin pada aplikasi-aplikasi yang kamu instal dan pastikan juga ketika update aplikasi hanya saat menggunakan jaringan WiFi, untuk untuk menghemat kuota kamu.

2. Menginstal Aplikasi yang Menyedot Kuota

Penyebab kedua adalah kamu menginstal aplikasi yang menyedot kuota terlalu banyak. Ada beberapa aplikasi yang bisa menghabiskan kuota padahal sedang tidak dijalankan atau dibuka. Biasanya aplikasi ini berjalan pada latar belakang seperti aplikasi chatting kayak WhatsApp. Ketika kita memiliki banyak grup didalamnya yang telah di-mute. Jika ada chat dan media yang masuk namun tidak ada notif, tetap saja kuota kamu akan tersedot, iya kan?

3. Melakukan Video Call Terlalu Lama

Penyebab ketiga adalah saat kamu melakukan video call terlalu lama. Percaya atau tidak, ternyata 1 menit melakukan video call di aplikasi video call seperti WhatsApp bisa menghabiskan kuota hingga 343 KB, lumayan kan?

Dengan kata lain, setiap 1 menit kuota kamu akan tersedot sebanyak 3MB. Bayangkan jika kamu melakukan video call hingga 1 jam lebih, maka akan menghabiskan hingga lebih dari 18.000KB. Jadi, gunakan fitur ini dengan bijak jika kamu ingin berhemat kuota.

4. Bermain Game Terlalu Lama

Keempat, ternyata terlalu lama bermain game juga bisa cepat menghabiskan kuota kamu loh! Khususnya game online. Tapi, ini lantas bermaksud menyuruh kamu untuk berhenti bermain game ya, tapi untuk mengingatkan kamu agar bermain game seperlunya saja.

FYI gaes.. bukan hanya kuota kamu aja yang berkurang, bermain game juga menimbulkan dampak negatif seperti datangnya penyakit akibat keseringan main game. Contohnya mata merah, tangan mudah pegal ato bahkan kelumpuhan otak.

5. Menggunakan Internet dengan Tidak Bijak

Penyebab kuota cepat habis kelima adalah kamu menggunakan internet dengan tidak bijaksana. Mirip seperti sebelumnya, jika kamu terlalu lama browsing atau terlalu lama main aplikasi media sosial, khususnya Instagram dan TikTok.. auto berkurang banyak deh kuota kamu.

6. Mengaktifkan Google Maps Offline

Penyebab kuota kamu cepat habis berikutnya adalah mengaktifkan fitur Google Maps offline. Yups, fitur ini emang berguna banget ketika traveling karena kamu bisa menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet.

Tapi tau nggak kamu jika aplikasi ini ternyata akan membaca lokasi mana saja yang paling sering kamu lalui. Selain itu, sebelum mengaktifkan fitur ini, Google Maps akan men-download rute terlebih dahulu, dan pastinya menghabiskan banyak kuota data, dengan begitu, kuota kamu akan banyak tersedot.

7. Tidak Membatasi Penggunaan Kuota

Penyebab yang terakhir nih gaes, kamu tidak membatasi penggunaan kuota. Yap, saat ini banyak smartphone yang menyediakan fitur untuk membatasi penggunaan kuota.

Sehingga ketika kamu akan melewati batas penggunaan, maka smartphone akan mengeluarkan notifikasi peringatan. Dengan begitu, kamu akan sadar untuk berhenti menggunakan internet.

Nah.. Gimana? Masih mau boros pemakaian kuota? Jika sudah tau sebab kuota data jadi boros, tapi kuota kamu masih tersedot banyak, kamu juga perlu mengikuti tips menghemat kuota ya..

Semoga semakin bijak dalam berinternet ya gaes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *