Penerus Chipset Snapdragon 888 Desain Fabrikasi 4nm Segera Hadir

News

 

Infotekno.net – Perang chipset antara perusahaan teknologi chipset seperti Samsung dan Mediatek serta Qualcomm tahun 2021 semakin memanas. Terbaru, Qualcomm Incorporated dikabarkan telah menyiapkan prosesor penerus chipset Snapdragon 888. Qualcomm akan meluncurkan chipset dengan desain fabrikasi 4nm. Kabar ini generasi penerus chipset Snapdragon 888 ini juga dibeberkan oleh salah satu leakers di Twitter.

Akun @evleaks atau yang dikenal sebagai Evan Blass telah membocorkan spesifikasi lain yang sepertinya akan ditanamkan pada chipset terbaru dari Qualcomm itu. Dia memposting foto yang menunjukkan sebuah sertifikasi yang mencatat nomor model SM8450.

Mengutip dari blog teknologi dan gadget China, Gizchina, bagian dalam chipset ini juga akan membawa inti prosesor Kryo 780 yang juga merupakan hasil arsitektur ARM Cortex v9.

Sangatlah mungkin kalau chipset ini nantinya akan mengusung inti Cortex-X2 dan Cortex-A710 yang disesuaikan. Bahkan para konsumen juga diprediksi bisa merasakan kemampuan Cortex-A510 yang dikatakan mampu menghemat energi smartphone saat digunakan.

Lebih lanjut mengenai spesifikasinya, bahwa SM8450 ini akan datang dengan kartu grafis video Adreno 730 yang lebih unggul dari yang generasi sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui baru pada seri chipset Snapdragon 888, Qualcomm menyertakan Adreno 660.
Selain itu, karateristik lain dari chipset SM8450 ini pun akan mengusung modem Snapdragon X65 5G yang sudah terintegasi dengan jaringan 5G di dalamnya.

Teknologinya diharapkan akan bisa memberikan dukungan hingga 1GHz downlink mmWave dan 400MHz Sub-6 D.

Kabar bocoran pertama ini memang terlihat lebih kepada hal-hal sistematis yang disematkan. Walaupun demikian, para penyuka Qualcomm seharusnya merasa gembira, karena pihak perusahaan sudah memastikan kehadiran chipset andalan terbarunya di tahun 2021 ini.

Sebelumnya, chipset terbaru yang diyakini sebagai Snapdragon 888+ sudah muncul di daftar Geekbench. Di daftar Geekbench tersebut telah mengungkapkan perubahan yang signifikan pada chipset baru ini. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 888 biasa adalah performa core X1 yang di-overclock dengan kecepatan 3.0Ghz, disandingkan dengan 2.84Ghz pada model lama.

Tes itu memperlihatkan 4 inti A55 berdaya rendah yang berjalan pada 1,8GHz, dan tiga kluster Cortex-A78 tambahan yang berjalan pada 2,4Ghz.

Berbekal teknologi ini, Snapdragon 888+ menghasilkan 1.171 poin single-core dan 3.704 poin pada tes multi-core. Skor ini sejalan dengan hasil yang terlihat dari perangkat yang didukung Snapdragon 888 seperti SD 865+ tahun lalu, yang cocok dengan SD 865.

Namun, belum ada informasi tambahan terkait perubahan lain dengan Snapdragon 888+, meski Snapdragon 865+ tahun lalu memang menawarkan sedikit peningkatan clock GPU dan peningkatan chip FastConnect 6900.

Well.. Kita tunggu saja ya gaes kabar selanjutnya