Begini Cara Mengatasi Notifikasi “Google Terus Berhenti” di Android

Android Gadget News Tips & Triks

Infotekno.net – Hari ini Selasa (22/6/2021) beberapa pengguna ponsel mengeluhkan munculnya notif ‘Google Keeps Stopping’ atau ‘Google Terus Berhenti’. Notif ini mulai muncul di ponsel pengguna pada Selasa siang.
Karena kondisi ini, Google sempat menjadi trending di Twitter. Pop-up tersebut tetap muncul tanpa henti meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa. Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi.

Pengguna androidpun mencoba mencari tahu bagaimana cara menghilangkan notif ‘Google Terus Berhenti’ yang terus muncul. Para pengguna Android ini juga mengatakan, terus menerima notifikasi “Google terus berhenti” atau “Google Keeps Stopping” di layar ponselnya. Salah satunya seperti yang dialami oleh warganet dengan akun @Hanz7i. “Ada yang sama dari tadi Google terus berhenti melulu. Btw my hp samsung,” tulis @Hanz7i. Sejumlah pengguna lain pun mengalami hal serupa dengan @Hanz7i. Pesan “Google terus berhenti” yang selalu muncul ini membuat para pengguna Android terganggu ketika menggunakan ponselnya.

Ternyata masalah yang dialami pengguna ponsel Android “Google terus berhenti” muncul di layar tak hanya dirasakan oleh pengguna di Indonesia saja. Akun Twitter dengan handle @uminnieee mengaku, ia mulai mengalami masalah yang sama sekitar pukul 11.30 WIB. Pesan “Google Keeps Stopping” pun terus muncul selama satu jam terakhir. Dari kicauan @uminnieee, terlihat bahwa dirinya juga memiliki ponsel Xiaomi.

Masalah yang sama juga dikeluhkan oleh pengguna android lain dengan akun @JordiFun. Ia mengaku, awalnya menerima notifikasi “Google berhenti bekerja”. Setelahnya, ia terus menerima notifikasi “Google terus berhenti bekerja” setiap beberapa menit. Menurut @JordiFun, menghentikan aplikasi Google secara paksa akan menghentikan masalah tersebut. Namun, beberapa aplikasi seperti Google Search dan aplikasi pemantau cuaca juga akan tak bisa digunakan. Sejauh ini, @JordiFun menyarankan agar netizen lain yang mengalami error pada aplikasi Google ini untuk meng-uninstall pembaruan aplikasi Google.

Untuk memperbaiki masalah “Google terus berhenti”, pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tak lagi muncul. “Aku dapat cara ini dari orang dan berhasil,” aku pengguna Twitter dengan handle @kayliliput yang memiliki perangkat Xiaomi Redmi 9A.

Saat dihubungi, Google Indonesia terkait masalah ini, Google Indonesia mengatakan akan melakukan investigasi. “Kami telah menerima laporan bahwa Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini,” kata perwakilan Google Indonesia

Namun dari beberapa sumber, masalah seringnya muncul notifikasi “Google berhenti bekerja” ini dapat diatasi dengan langkah yang sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus notif tersebut. Mulai dari uninstall updates aplikasi Google atau sekedar restart ponsel.