Sepuluh Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Android

Sepuluh Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Infotekno.net – Sepuluh Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Setelah kamu mengetahui penyebabnya borosnya kuota internet, tapi kuota kamu masih tersedot banyak, kamu perlu mengikuti tips menghemat kuota berikut ini:

1. Pembatasan Penggunaan Data Internet

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur pembatasan penggunaan data internet. Kamu dapat dengan mudah mengatur pengaturan batas penggunaan data internet. Kamu akan diberikan peringatan jika telah melebih batas pemakaian data internet.

Begini cara untuk mengatur penggunaan data:

Klik menu “Settings”
Kemudian klik “Data Usage”
Lalu aktifkan opsi batas penggunaan data
Selanjutnya kamu bisa menetapkan batas pengguna data pada grafik dibagian bawah pilihan.
Cara ini sangat efektif untuk membantu mencegah kamu menggunakan kuota yang berlebihan, serta mencegah kamu agar tidak dikenakan biaya tambahan dari operator jika terjadi penggunaan ekstra kuota yang diizinkan.

 

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Cara yang kedua adalah dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Biasanya aplikasi yang terpasang di Android kamu menggunakan frekuensi kuota internet yang lebih rendah.

Walaupun aplikasi tersebut jarang digunakan dan hanya memakan frekuensi kuota yang lebih rendah, ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa kuota internet kamu cepat habis.

Cara meng-uninstall aplikasi dengan mudah adalah sebagai berikut:

Tekan icon aplikasi yang ingin kamu uninstall, lalu seret ke icon tempat sampah. Langkah ini di setiap tipe smartphone mungkin sedikit berbeda, ato bisa juga klik icon app agak lama, saat keluar menu info app pilih “hapus” ato “bongkar”. Selanjutnya klik “OK” untuk meng-uninstall atau menghapus aplikasi.
Jadi, mulai sekarang hapus aplikasi yang tidak kamu perlukan lagi ya gaes, agar kuota internet kamu tidak cepat habis.

 

3. Update Aplikasi Hanya jika Terkoneksi WiFi Saja

Cara yang ketiga untuk menghemat kuota adalah dengan meng-update aplikasi hanya jika terkoneksi WiFi saja. Cara tersebut adalah salah satu cara ampuh menghemat kuota internet.

Mengapa ampuh? Karena ketika meng-update aplikasi dengan menggunakan Data Seluler, sudah dipastikan kuota internet kita akan cepat habis.

Update aplikasi memakan kuota internet yang cukup banyak dan ini penyebab kuota internet cepat habis. Nah, berikut cara mengubah fitur Auto-update aplikasi jika terkoneksi WiFi saja:

Buka aplikasi Play Store
Kemudian pilih menu “Settings”
Lalu klik “Auto-update apps”
Selanjutnya pilih “Auto-update apps over Wi-Fi only” (Setiap tipe smartphone berbeda).
Jadi, setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, secara otomatis aplikasi hanya meng-update jika tersambung WiFi dan pulsa internet kamu tidak akan terkuras lagi.

 

4. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis (Auto Sync)

Cara yang keempat adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi atomatis atau auto sync. Sinkronisasi otomatis memungkinkan aplikasi menyinkronkan data kapan saja saat koneksi internet tersedia.

Jika kamu menggunakan aplikasi Dropbox atau aplikasi Google dan menggunakan cadangan otomatis maka secara otomatis foto yang kamu ambil akan disinkronkan ke akun cloud kamu.

Benar sekali! Sinkronisasi otomatis tidak memerlukan banyak kuota internet, akan tetapi ketika kamu akan mengambil kembali foto kamu, maka foto tersebut akan memiliki ukuran hingga Gigabyte (GB).

Jadi, sebaiknya matikan fitur Auto Backup atau sinkronisasi otomatis (auto sync) jika kamu ingin menyimpan lebih banyak kuota. Cara mematikan fitur sinkronisasi adalah sebagai berikut:

Tarik task bar pada layar smartphone kamu
Kemudian klik “Auto Sync” atau “Sinkronisasi Otomatis” (Setiap tipe smartphone berbeda).
Jangan lupa juga untuk memastikan fitur tersebut telah mati ya gaes.

 

5. Gunakan Fitur Penghematan Data pada Google Chrome

Cara kelima adalah dengan mengkompres penggunaan data pada Google Chrome. Nah, dengan penghematan data ini kamu dapat menurunkan untuk memuat halaman web dari koneksi yang lebih cepat ke koneksi yang lambat.

Cara ini salah satu cara yang efektif, karena dapat mengurangi jumlah data internet yang digunakan Chrome. Berikut cara penghematan data pada Google Chrome:

Buka aplikasi Google Chrome
Kemudian klik icon 3 di pojok kanan atas
Lalu klik “Pengaturan”
Kemudian klik “Data Server”
Selanjutnya aktifkan pengaturannya.
Oh iya, yang perlu kamu ketahui fitur Penghematan Data pada Google Chrome tidak akan berfungsi jika kamu berada dihalaman aman dan juga jika kamu menggunakan mode penyamaran pada Google Chrome.

 

6. Blokir Semua Iklan

Cara keenam untuk hemat kuota adalah dengan menghapus iklan atau kalau perlu memblokir iklan yang muncul dihalaman web browser maupun aplikasi.

Mengapa harus diblokir? Karena iklan di aplikasi Android akan menggunakan cukup banyak kuota data internet untuk memuat iklan dari server.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Free Adblocker Browser atau aplikasi lainnya untuk mencekal iklan yang sering muncul dilayar smartphone Android kamu.

 

7. Jangan Mendownload dan Mengirim Foto Maupun Video

Cara yang ketujuh adalah dengan tidak men-download dan mengirim foto maupun video di aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, Facebook dan Instagram.

Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan aplikasi WhatsApp. Taukah kamu bahwa aplikasi WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak menggunakan kuota data.

Nah, untuk aplikasi WhatsApp kamu bisa mengaturnya agar tidak secara otomatis men-download foto maupun video. Berikut ini cara menghemat kuota pada WhatsApp:

Buka aplikasi WhatsApp > Klik icon titik 3 vertikal di pojok kanan atas
Kemudian klik “Setelan”
Selanjutnya klik “Penggunaan Data”
Kemudian pada UNDUH OTOMATIS MEDIA pada bagian “Data Seluler” kamu uncheck untuk Foto, Audio, Video dan Dokumen.
Selain itu, aplikasi Instagram juga menjadi aplikasi yang memakan kuota internet terbanyak loh. Jadi, lebih kamu kurang-kurangin deh menggunakan aplikasi Instagram untuk mengupload foto dan video.

 

8. Matikan Data Seluler dan WiFi

Cara kesembilan adalah dengan mematikan fitur Data Seluler dan juga WiFi. Lebih baik kamu matikan fitur tersebut jika kamu memang benar-benar tidak membutuhkannya lagi ya.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan tentunya efektif. Karena jika kamu mengaktifkan terus menerus fitur Data Seluler dan WiFi, otomatis server Android akan terus menguras kuota internet kamu untuk aplikasi di latar belakang.

 

9. Hitung Penggunaan Data Internet Kamu

Cara yang kesembilan adalah dengan terus melacak dan memeriksa secara teratur penggunaan data internet kamu dengan melihat di fitur Data Usage. Kamu bisa merencanakan sesuai dengan batas penggunaan bulanan.

Seperti yang telah dijelaskan pada point 2, kamu bisa menetapkan batas pada aplikasi dan menghindari penggunaan data secara berlebihan. Nah, dengan cara ini kamu akan terus memantau sejauh mana sih kuota internet kamu dihabiskan.

 

10. Install Aplikasi Data Monitor

Cara yang kesepuluh adalah dengan menggunakan aplikasi Data Usage Monitor, kamu bisa men-download aplikasi penghemat kuota tersebut secara gratis di Play Store. Nah, aplikasi ini pun sangat mudah digunakan untuk mengelola penggunaan kuota internet kamu.

Aplikasi Data Usage Monitor dapat membantu kamu untuk mengukur lalu lintas data harian kamu secara akurat dan menganalisa data dengan mudah untuk dimengerti.

Aplikasi ini juga dapat memunculkan peringatan saat kamu mencapai batas penggunaan kuota data internet dan dapat mencegah kamu dari penggunaan data secara berlebihan. Gimana? Sudah tau kan cara-cara agar kuota data kamu nggak boros 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *